• SMP Negeri 1 Balapulang

  • Masa depan yang baik, dimulai dari sekolah ini
  • Jl. Merpati Balapulang Tegal

Dongkrak Belajar Matematika dengan Tablet Bantuan

Sri Hartati S.Pd.

Guru SMP Negeri 1 Balapulang

 

Dimuat dalam Radar Tegal, 19 Januari 2022

SMP Negeri 1 Balapulang yang dikenal dengan sebutan Spensaba, tahun 2019 memperoleh Bantuan BOS afirmasi dari pemerintah berupa Tablet. Bantuan itu merupakan bantuan BOS Afirmasi Tahun 2018.

Saat itu hanya tiga SMP yang memperoleh bantuan BOS Afirmasi berupa tablet di Kabupaten Tegal, salah satunya adalah Spensaba sejumlah 303 buah tablet, dua yang lain adalah SMP N 1 Slawi dan SMPN 1 Lebaksiu.

 Tak lama dari waktu penerimaan tablet tersebut, masuk awal masa pandemi. Penggunaan tablet untuk siswa jadi agak terhambat. Setelah masa penyesuaian pandemi, maka tablet mulai digunakan pihak sekolah sesuai dengan harapan pemerintah. Beberapa contoh pemanfaatan tablet di Spensaba adalah E-learning, pembelajaran mata pelajaran (mapel) di sekolah, dan peminjaman pada siswa yang kurang mampu.

 

Tablet untuk Belajar Matematika

Hampir semua guru mapel di Spensaba menggunakan tablet untuk pembelajaran. Tidak ketinggalan juga pada mapel matematika. Salah satu penggunaan tablet dalam matematika adalah mengenalkan Geogebra untuk pembuktian (Discovery Learning). Salah satu pembuktian yang diajarkan penulis dengan bantuan tablet adalah pada materi Teorema Pythagoras dengan Geogebra.

Seperti diketahui banyak sekolah yang melarang siswanya membawa perangkat gadget di sekolah seperti Hp, tablet, laptop dan sejenisnya, demikian pula di Spensaba. Padahal pembuktian Teorema Pythagoras melalui geogebra tentu saja membutuhkan salah satu dari perangkat tersebut.

Beruntung, Spensaba yang telah memperoleh bantuan tablet yang bisa digunakan sehingga pada saat pembelajaran masing-masing siswa dapat memegang satu buah tablet.

Proses belajar mengajar memang harus menyesuaikan perkembangan jaman, guru harus bisa mengoptimalkan teknologi. Hal ini merupakan salah satu peran guru dalam pembelajaran abad-21.

Pun guru harus bisa mengoperasikan teknologi terkini dengan maksimal terutama teknologi internet yang digunakan untuk memaksimalkan pembelajaran. Guru juga dituntut kreatif dan inovatif, bisa memberikan pembelajaran yang bagus dan sumbernya juga tidak monoton.

 

Variasi pembelajaran akan membuat kelas lebih dinamis dan tidak membosankan. Hal ini cocok sekali dengan pemanfaatan tablet bantuan dengan pembelajaran melalui geogebra dalam matematika.

 Matematika adalah ilmu yang memiliki sifat khas yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.

Untuk mempelajari objek yang bersifat abstrak bukanlah suatu hal yang mudah, terkadang kita mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak tersebut. Dalam praktik pembelajaran di Indonesia, siswa belajar matematika diawali dengan benda-benda konkrit, namun siswa tetap diarahkan agar mampu melakukan abstraksi.

Untuk mempermudah dalam mempelajari matematika yang bersifat abstrak, diperlukan media sebagai alat bantu untuk mengabstraksi objek konkrit atau mengkonkritkan objek yang abstrak. Geogebra dapat menjadi pilihan alat bantu untuk mengabstraksi objek konkrit atau mengkonkritkan objek yang abstrak sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik/menyenangkan.

Dengan ketersediaan tablet bantuan yang ada maka memungkinkan pada saat pembelajaran menggunakan internet, tiap siswa dapat memperolah fasilitas penggunaan satu tablet tiap anak. Guru mengarahkan pembelajaran melalui link geogebra dan siswa dapat langsung mengaksesnya dengan fasilitias wifi yang sudah menjangkau hampir semua tempat di spensaba.

Guru masih dalam peran memberikan materi pelajaran dan geogebra melalui tablet hanyalah alat bantu. Siswa juga lebih senang belajar karena lebih mudah, obyek matematika lebih nyata dan siswa dapat belajar lancar melalui internet dengan fasilititas gratis dari sekolah.

Sebagai guru di salah satu sekolah yang mendapat kepercayaan memperolah bantuan tablet, tentunya harapan besar agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya terutama pada mapel Matematika. Adapun kendala yang ditemui tentunya akan dicari solusi agar kedepannya lebih baik lagi.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PPDB SMP Negeri 1 Balapulang

https://www.youtube.com/watch?v=WeaGu7Plta4

18/06/2022 09:15 - Oleh Admin SPENSABA
Siswa Tetap Belajar dan Berkarya di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini, pembelajaran  tetap dilaksanakan. Saat ini pembelajaran tidak lagi daring secara penuh, melainkan sudah berjalan tatap muka walaupun masih berlaku 50 persen.

30/09/2021 13:47 - Oleh Admin SPENSABA
SIMULASI AKM MANDIRI MENGGUNAKAN PISA

Setelah Ujian Nasional (UN) ditiadakan pada tahun 2020 karena adanya pandemi COVID-19, pemerintah melalui kemendikbud kembali meniadakan UN di tahun 2021 dan menggantinya dengan Asesmen

26/11/2020 13:07 - Oleh Penulis Blog
Siswa SMP Negeri 1 Balapulang Kembali Belajar secara Daring

Mulai 29 September 2020 siswa SMP Negeri 1 Balapulang kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh ini dilaksanakan menyusul adanya

29/09/2020 11:30 - Oleh Admin SPENSABA
Tingkatkan Imun, Spensaba Gowes Bareng

Balapulang - Cara yang dilakukan guru dan karyawan SMP Negeri 1 Balapulang untuk meningkatkan imum di masa pandemic Covid- 19 dengan Gowes Bareng, Sabtu 26 September 2020 dari SMP Neger

26/09/2020 14:25 - Oleh Admin SPENSABA