• SMP Negeri 1 Balapulang

  • Masa depan yang baik, dimulai dari sekolah ini
  • Jl. Merpati Balapulang Tegal

Siswa SMP Negeri 1 Balapulang Kembali Belajar secara Daring

Mulai 29 September 2020 siswa SMP Negeri 1 Balapulang kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh ini dilaksanakan menyusul adanya surat edaran dari Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Nomor: 800/04/62296 tanggal 28 September 2020 yang memutuskan mulai tanggal 29 September 2020 Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada satuan Pendidikan Tingkat PauD, SD, dan SMP menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Imam Azizi selaku kepala SMP Negeri 1 Balapulang ketika menginformasikan surat eadaran dari Dinas Dikbud berharap guru SMP Negeri 1 Balapulang bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh waka Kurikulum. Selain itu Imam Azizi berharap agar semua siswa bisa mendapatkan kesempatan belajar yang sama. Apalagi siswa telah mendapatkan vasilitas dari pemerintah berupa kuota internet. Lebih lanjut guru diharapkan bisa memberi solusi terbaik bagi siswa yang terkendala karena tidak punya Hp sendiri.

Tim Jurnais KamuS sempat mewawancarai beberapa siswa SMP Negeri 1 Balapulang keterkaitannya dengan kebijakan dilaksanakannya PJJ ini. Salma dari kelas 9A mengatakan jika pemerintah mengharuskan PJJ, maka kita sebagai waga Negara wajib untuk memaatuhi peraturan pemerintah. Namun, tetap menjaga protokol kesehatan. Dengan PJJ tetap ada kendaala yang dihadapi siswa yaitu belajar tidak terasa asyik karena tidak ada teman. Selain itu materi pelajaran tidak disampaikan secara langsung oleh guru sehingga bisa saja siswa mengalami kesulitan dalam memahami.

Pendapat lain dari Anita Carolina siswa kelas 7F bahwa pembelajaran jarak jauh lebih sulit dibandingkan dengan tatap muka. Selain karena keberadaan sinyal internet yang terkadang lemah juga siswa lebih sulit memahami pelajaran jika dibandingkn ketika bertatap muka dengan guru sebagai pengajar.

Nanda dari kelas 7E juga menyampaikan kurang sependapat dengan kegiatan PJJ. Kegiatan PJJ dikatakannya sangat menyulitkan siswa dalam memahami pelajaran. Ketika pembelajaran tatap muka saja siswa sering kali mengalami kesulitan apalagi dengan PJJ. Ketika PJJ Kadangkala siswa mengerjakan tugas dari guru tapi kurang memahami maksud tugas tersebut.

Komentar

Okh pak Bu terimakasih

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Siswa Tetap Belajar dan Berkarya di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini, pembelajaran  tetap dilaksanakan. Saat ini pembelajaran tidak lagi daring secara penuh, melainkan sudah berjalan tatap muka walaupun masih berlaku 50 persen.

30/09/2021 13:47 - Oleh Admin SPENSABA
SIMULASI AKM MANDIRI MENGGUNAKAN PISA

Setelah Ujian Nasional (UN) ditiadakan pada tahun 2020 karena adanya pandemi COVID-19, pemerintah melalui kemendikbud kembali meniadakan UN di tahun 2021 dan menggantinya dengan Asesmen

26/11/2020 13:07 - Oleh Penulis Blog
Tingkatkan Imun, Spensaba Gowes Bareng

Balapulang - Cara yang dilakukan guru dan karyawan SMP Negeri 1 Balapulang untuk meningkatkan imum di masa pandemic Covid- 19 dengan Gowes Bareng, Sabtu 26 September 2020 dari SMP Neger

26/09/2020 14:25 - Oleh Admin SPENSABA
SMP Negeri 1 Balapulang Raih Juara 1 Lomba Jurnalistik Tingkat Kabupaten

Slawi, 22 September 2020 secara simbolis Tim Jurnalistik SMP Negeri Balapulang menerima piala, piagam, dan uang pembinaan dari Dinas Dikbud Kabupaten sebagai peraih juara 1 Lomba Jurnal

22/09/2020 14:30 - Oleh Admin SPENSABA
IHT bagi Guru SMP Negeri 1 Balapulang

SMP Negeri 1 Balapuang mengadakan kegitan IHT bagi guru dari tanggal 22 Juli sampai dengan 25 juli 2020. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali guru-guru SMP Negeri 1 Balapulang khus

24/07/2020 10:35 - Oleh Admin SPENSABA